Istilah properti yang sering digunakan di Indonesia

Sebelum jadi investor properti, YUK Pelajari dulu 5 Istilah Dunia Properti ini!


Istilah properti


Saat ini Investasi properti masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Properti semisal apartemen yang saat ini sedang naik daun, selain menjadi hunian apartemen juga memiliki fungsi sebagai investasi yang menjanjikan. 


Maraknya pembangunan properti di Indonesia berimbas pada orang-orang yang mulai menjadi investor properti. Hal ini didukung oleh tersebarnya besar keuntungan yang bisa didapatkan investor. Bagi anda yang baru memulai menjadi investor, sangat penting untuk mengetahui dan memahami istilah-istilah yang kerap muncul dalam dunia properti berikut ini.


1. Sunrise Property

Istilah pertama yakni Sunrise property. Sunrise property adalah properti baru yang kenaikan nilainya naik dan stabil. Seumpamanya mengacu pada lokasi, maka sunrise property mengilustrasikan kawasan modern, berkembang, serta stabil.


2. Sunset Property

Istilah kedua bisa dikatakan kebalikan dari sunrise property, yang mana properti yang dikategorikan sunrise properti berusia tua. Kualitasnya menurun dan biasanya kurang baik secara ekonomi. Jika mengacu pada lokasi, sunset properti menggambarkan kawasan yang memiliki akses yang sulit, lingkungan yang kurang aman, dan relatif tua.


3. Return on Investment (ROI)

ROI atau Return on Investment merupakan suatu ukuran yang biasa digunakan untuk menentukan keuntungan atau nilai dari investasi properti. Rumus ROI adalah (laba – investasi) / total investasi x 100%.


4. Capital Gain

Capital gain atau keuntungan modal merupakan keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi dalam suatu aset atau lebih jelasnya keuntungan yang diperoleh dari Selisih harga penjualan properti yang nilainya lebih besar dibanding harga pembelian.


5. Akta Jual Beli (AJB)

Istilah lainnya yakni AJB atau Akta Jual Beli yakni peralihan hak kepemilikan atas sebuah aset dan sah secara hukum. Nama pada sertifikat telah diubah sesuai dengan pemilik baru.


Selain 5 istilah di atas, sebenarnya masih banyak istilah lain dalam dunia properti. 5 istilah diatas hanya sekadar pembuka bagi Anda yang mulai memasuki bisnis properti.


Harga jual apartemen kost umumnya lebih tinggi dibandingkan rumah biasa. Selain karena kondisi bangunan yang lebih terawat, adanya penghasilan rutin dari sewa kost juga menjadi nilai tambah.


Calon pembeli apartemen kost akan memasukkan penghasilan rutin tersebut sebagai salah satu nilai positif sehingga mereka berani membeli dengan harga tinggi.


Anda ingin berbisnis kost???


Silahkan kunjungi Dekost Indonesia. Kami menyediakan Apartemen syariah berkonsep sewa dengan fasilitas lengkap dan nyaman di kawasan strategis Kampus IPB. Anda cukup membeli apartemennya, kami yang akan mengelola dan mencari penyewanya.


Info survei dan stok unit, hubungi: 0857-1928-7481




Post a comment for "Istilah properti yang sering digunakan di Indonesia"