Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Awal ketika Hendak Membangun Rumah Idaman

Persiapan Awal ketika Hendak Membangun Rumah Idaman

Persiapan Awal ketika Hendak Membangun Rumah Idaman



Tidak perlu kebingungan saat ingin mengawali membuat rumah dari tanah kosong. Turuti tingkatan penyiapan berikut untuk merealisasikan rumah mimpi Anda.


Ada banyak hal yang perlu disiapkan saat sebelum Anda mulai membuat rumah dari kaveling. Mulai dari design, material, hal pemberian izin, sampai layanan yang bakal digunakan.



1. Tetapkan desain rumah dari awal

Tingkatan paling dahulu sesaat akan membuat rumah adalah tentukan kemauan dan keperluan. Design apakah yang Anda harapkan? Apa yang Anda perlukan di dalam rumah Anda nanti? Ini tersangkut hal khusus seperti ruang apa dan berapakah jumlah ruang yang bakal dibuat. Hal yang lain adalah berkenaan design. Tetapkan rumah apakah yang ingin Anda mewujudkan. Cari rujukan di tabloid atau majalah.


2. Tentukan material yang akan dipakai

Mengumpulkan info sebanyaknya berkenaan tipe material dan harga yang terkini di pasar. Di periode sekarang industri material berkembang dengan benar-benar cepat, up-date pengetahuan Anda hal material untuk bangunan terkini. Anda dapat melihat-lihat di bursa atu supermarket bahan bangunan seperti di Depo Bangunan atau Mitra 10, sekalian memperbandingkan harga. Tentukan material yang sesuai design rumah Anda dan dana  yang ada, tentukan material yang ramah lingkungan.


3. Check Peraturan setempat dimana rumah itu akan dibangun

Syarat di tempat yang diartikan di sini adalah berkenaan ketentuan pembangunan, diantaranya alokasi tempat, KDB, KLB, GSB, GSJ, GSS, dan lain-lain. Ini terkait dengan posisi rumah Anda akan dibuat, berkenaan berapakah luas bangunan, tinggi setiap lantai, dan jumlah lantai bangunan yang bisa dibuat. Syarat yang lain adalah jarak bangunan pada jalan dan sungai. Cari info berkenaan ketentuan ini ke kecamatan di mana Anda akan membuat rumah, karena bisa jadi kebijakan daerah akan berbeda-beda.


4. Gunakan Jasa arsitek atau team ahli

Sesudah Anda ketahui design yang Anda harapkan, kini waktunya tentukan apakah Anda akan menggunakan layanan jasa arsitek atau  tidak. Bila Anda akan menggunakan layanan jasa arsitek, Anda tinggal cari arsitek yang sesuai kemauan Anda. Jika Anda percaya dengan design Anda sendiri, Anda dapat cari tukang gambar atau drafter untuk merealisasikan gagasan Anda ke gambar. Tetapi tentu saja ada keuntungan yang bakal Anda peroleh jika Anda memakai layanan arsitek, keuntungan layanan jasa arsitek adalah anda bisa berkonsultasi jika ada masalah ditengah jalan dengan desain anda.


5. Urus IMB dari Awal

Gambar bangunan telah pada tangan, sekarang waktunya mengurusi Ijin Membangun Bangunan atau kerap dipersingkat IMB. Ijin ini bisa Anda urus di lembaga pemerintahan, dimulai dari kelurahan, kecamatan, sampai walikota, kalau sekarang bisa langsung ke BPMPTSP . Harga IMB bergantung luas tanah tempat Anda akan membangun rumah. Jika luas tanah Anda melewati 200m2, pengurusan IMB dapat sampai ke walikota. Kunjungi kecamatan di posisi Anda akan membuat rumah untuk ketahui syarat apa yang perlu disanggupi untuk mengurusi IMB.


6. Prediksikan ongkos Bangun 

Ongkos jadi salah satunya alasan khusus ketika akan membuat rumah. Tiap pekerjaan pembangunan harus mempunyai Gagasan Bujet Ongkos (RAB). RAB adalah penghitungan biaya untuk bahan bangunan, gaji karyawan, dan beberapa biaya yang lain. Agar bisa hitung RAB, beberapa info yang Anda perlukan diantaranya adalah harga unit bahan bangunan terkini dan harga gaji karyawan.


7. Tetapkan kontraktor

Design sudah seperti keinginan dan semua hal pemberian izin sudah tercukupi, Anda dapat mengawali pekerjaan membuat rumah. Sebagian orang memutuskan untuk langsung menunjuk tukang untuk kerjakan rumah, tetapi sebaiknya Anda memakai layanan kontraktor hingga pekerjaan lebih terkonsep dan tentunya sesuai RAB. 

Jika Anda membutuhkan jasa Arsitek yg murah dan berkualitas anda bisa mengunjungi Instagram Denahrumah.id

Post a Comment for "Persiapan Awal ketika Hendak Membangun Rumah Idaman"