SIMULASI KPR SYARIAH

Sambungan  Cerita pelunasan KPR CIMB Niaga.

jika belum baca  silahkan buka dulu https://namiraneta.blogspot.co.id/2015/09/pelunasan-kpr-cimb-niaga.html




 Setelah selesai semua pembayaran  denda dan sisa hutang di CIMB niaga maka selanjutnya adalah mengambil sertificate rumah saya di Bank CIMB, untuk pengambilan Sertificate tersebut harus datang ke kantor pusat CIMB Niaga Bintaro dengan alamat :  Gedung Griya Niaga 2 Lt. GF, Jl. K.H. Wahid Hasyim Blok B4 No.3, Sektor 7, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Ketika sudah sampai di gedung CIMB tanya saja sama security kalau mau ambil sertificate rumah di lantai berapa??? kalau ga salah lantai 2.

Sesampainya dilantai 2 nanti ketemu dengan receptionis dan menyerahkan KTP yg berlaku ke receptionis, dan menunggu kurang lebih setengah jam.

Setengah jam berlalu datanglah salah satu pegawai bank dengan membawa berkas-berkas termasuk sertificate rumah. Setelah tanda tangan dan serah terima jangan lupa dicek dulu apa yg ada di berita acara serah terima, jangan sampai ada salah nama seperti kejadian temen saya.  

Selesai pelunas pinjaman  KPR di CIMB niaga konvensional, saya berencana ingin meminjam  duit untuk keperluan bangun/ renovasi  rumah. tapi pengennya yang SYARIAH, supaya menjauhkan dari hal-hal riba seperti bank konvensional biasa .


Saya cari- cari di internet semua bank syariah yg ada di tangerang untuk mengetahui berapa margin keuntungan bank kalau pinjam duit seperti Bank PANIN Syariah, BNI Syariah, CIMB syariah, BRI syariah, Mandiri Syariah.  Semua bank yg saya hubungi ada yg kasih simulasi cicilan dan ada juga yg pelit.

Setelah diperhatikan dan dicek semuanya jatuhlah pilihan saya ke Bank CIMB Niaga Syariah dengan alasan margin atau istilah umumnya bunga bank nya paling kecil pada tahun 2016 itu.   

Setelah pilihan saya mantap, maka langkah pertama saya adalah mendatangi kantor ke CIMB niaga syariah dan minta bertemu dengan salesnya. Untuk daerah Tangerang seperti cikupa, jatake, jatiuwung, cimone,karawaci, kelapa dua , serpong dan BSD.  CIMB niaga hanya ada 1 cabang yaitu ada di Tangsel yaitu di Ruko Tol Bulevard kalau dari arah Teras kota adanya sebelah kiri setelah kantor PGN sebelum masuk tol arah jakarta.



Berikut ini syarat2 untuk mengajukan KPR CIMB Syariah:

A. DATA PRIBADI
1.FC.KTP S+I
2.FC KK
3.FC.BUKU NIKAH
4.FC.NPWP

B. DATA KEUANGAN
1.SURAT KETERANGAN KERJA
2.REK TABUNGAN GAJI 3 BULAN 
  sebelum mengajukan pinjaman, rekening 3 bulan terahir dijaga ya, jangan sampai NOL……hehehe supaya lancar di acc bank
3.SLIP GAJI 3 BULAN TERAKHIR 
 cicilan yg mau diambil harus 30% dari gaji, kalau suami istri kerja bisa digabung penghasilannya

C. DATA JAMINAN
1.FC. SHM
2.FC. IMB 
3.FC. PBB TERAHIR 
 ini penting nih, pengalaman saya waktu itu ga bayar PBB dari 2008 s.d 2014 selama PBB 7 tahun pas giliran mau bayar tahun 2015 udah di blokir, untuk membukanya harus datang ke kecamatan setempat dan butuh waktu 1 bulan untuk mengaktifknnya
4. PERMOHONAN ROYA ( surat ini didapat dari bank Asal penjamin sertificate Rumah)


Untuk simulasi cicilan KPR dalam bentuk file excel dari berbagai bank silahkan download link dibawah


Cara pakainya adalah, masukan plafon pinjaman dan bunga pada saat ini maka akan keluar cicilan perbulannya.

File tersebut di zip pakai winrar dan pakai password : namiraneta.blogspot.co.id 



Semoga bermanfaat, indahnya berbagi.







2 comments for "SIMULASI KPR SYARIAH"

  1. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
    mitoha-goldengamat

    ReplyDelete
  2. Kasusnya hampir mirip dengan saya... 15 tahun lalu kamiengajukan KPR Ke Bank niaga, bukan oktober 19 seharusnya lunas, kami bermaksud mengadakan pelunasan, tetapi pihak bamk bilang sertifikat belum jadi, padahal kami sdh memegang coppy sertifikat rumah kami. Kemana kami harus mengurusnya karena kami selalu di oper kesana kemari, janji mau menghubungi tapi selalu kami yang menghubungi dan tidak ada jawaban yang memuaskan

    ReplyDelete