Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melunasi KPR Rumah Di Bank BTN

Cara Melunasi KPR Rumah Di Bank BTN 


Cara Melunasi KPR Rumah Di Bank BTN



Ada beberapa langkah ke Roma, demikian pula ada beberapa langkah untuk percepat pembayaran pelunasan pembayaran angsuran Credit Kepemilikan Rumah yang anda lakukan sekarang ini. Bila anda berasa jika angsuran utang jadi beban anda tiap bulan dan anda ingin menyelesaikannya selekasnya, karena itu anda dapat memerhatikan beberapa cara yang bakal kami uraikan seperti berikut :


1. Berapakah Tersisa Dasar dan Bunga

Anda perlu pastikan tipe Bunga apa yang dipakai dalam KPR anda, walau secara umum bunga anuitas yang berjalan diperbandingkan dengan bunga flat. Bila bunga Anuitas yang diaplikasikan, karena itu yang penting anda ketahui ialah bagaimana sesungguhnya bunga Anuitas bekerja.


Bunga anuitas sendiri sebagai mekanisme pembayaran angsuran di mana cicilan anda masih tetap tiap bulannya. Pada cicilan utang, terdiri dari dua formasi yakni utang dan dasar. Tahukah anda pada pembayaran angsuran di beberapa tahun pertama formasi jumlah nominal bunga utang semakin besar jatahnya dibanding jumlah utang dasar?

Misalnya anda mempunyai utang KPR di BTN sejumlah Rp.300 juta dengan bunga 8,75% anuitas dan bunga floating 13% sepanjang 10 tahun karena itu cicilan anda /bulan ialah : Rp 3.274.800.

Sepanjang satu tahun pertama cicilan yang anda bayarkan ialah sejumlah Rp. 39.297.600 dengan formasi bunga sejumlah Rp. 22.312.500 sementara dasar yang anda bayarkan sepanjang satu tahun Rp.16.985.100 Kaget?

Hingga peluang jumlah nominal tersisa dasar utang anda sebenarnya masih mempunyai jumlah yang paling besar sekali. Membayar utang KPR dalam jumlah dasar yang besar cukup berefek karena jumlah finalti yang besar. Beberapa Bank mengatakan jumlah finalti di atas angka 1% dari tersisa utang tetapi ada pula yang lebih. Anda sebaiknya check lebih dulu berapakah jumlah tersisa angsuran anda saat sebelum anda memilih untuk membayarnya.


2. Akali Dengan Tabungan

Mempunyai utang KPR di Bank Konservatif dengan bunga Anuitas membuat dasar utang anda terkikis dengan lamban. Bila anda mempunyai pendapatan sambilan, yang dapat dilakukan ialah menabung dengan giat untuk memburu tersisa dasar yang perlu anda lunasi pada utang KPR anda

Misalnya anda mempunyai utang KPR di BTN sejumlah Rp.200 juta dengan bunga 8,75% anuitas dan bunga floating 13% sepanjang 10 tahun karena itu cicilan anda /bulan ialah : Rp 2.183.200.

Sepanjang satu tahun yang anda bayarkan ialah sejumlah Rp.26.198.400 dengan formasi bunga sejumlah 14.874.996 sementara dasar yang anda bayarkan sepanjang satu tahun Rp. 11.323.404.

Bandingkan dengan anda menabung sepanjang Rp dua juta /bulan, karena itu satu tahun anda telah capai Rp24 juta. Dalam sekian tahun, tabungan anda dapat dipakai untuk bayar dasar tersisa utang anda hingga KPR anda dapat usai bisa lebih cepat dibanding saat yang diprediksi. Ingat jika anda masih dikenai ongkos finalti sejumlah 1 % dari keseluruhan utang yang masih ada.


3. Akali dengan Tabungan + Obligasi

Bila anda mempunyai beberapa simpanan tidak bekerja yang dapat anda investasikan ke produk obligasi, karena itu anda dapat lakukan opsi ini. Sama seperti yang kita kenali jika Obligasi Retail Indonesia atau Sukuk mempunyai tingkat bunga dan untuk hasil lebih besar dibanding bunga tabungan dan prosentasenya ada di atas nilai inflasi tahunan.

Pikirkan bila anda mempunyai uang yang anda berikan di Sukuk sejumlah Rp.20.000.000 dengan imbalan 7% /tahun sepanjang 3 tahun karena itu anda memperoleh :

Rp.20.000.000 x 7% =Rp.1.400.000 / tahun, sepanjang tiga tahun anda memperoleh keuntungan Rp.4.200.000.

Bila anda mempunyai dana tidak bekerja semakin besar itu lebih bagus kembali. Anda dapat mengombinasikan dari hasil obligasi dengan tabungan masih tetap anda /bulan. Bila jatuh termin obligasi telah tiba anda dapat mencairkan obligasi itu bersama untuk hasilnya, satukan dengan tabungan masih tetap anda untuk membayar KPR anda bisa lebih cepat.


4. Over Credit Ke Bank Syariah

Bank Syariah memang memberi jumlah keseluruhan pembayaran utang yang lebih kecil dibanding Bank Konservatif. Hingga bila anda mempunyai beberapa tabungan dengan nilai yang cukup, anda dapat memakainya untuk bayar beberapa dasar utang KPR di Bank, untuk seterusnya tersisa utang anda dapat di over credit ke Bank Syariah. Supaya enteng, anda dapat ambil periode waktu pendek dengan margin yang rendah.

Saat anda membayar utang di Bank Konservatif, masih sisa sekitar Rp.100 juta rupiah. Dengan periode waktu 30 bulan dan margin 6.10% Bank Syariah cuman ambil keuntungan Rp.15.250.000,-. Angsuran anda /bulan Rp. 3.841.666,67 /bulan dan lunas dalam 30 bulan.


5. Inflasi

Nilai uang semakin menurun dari tahun ke tahun karena dampak inflasi. Bila sekarang ini angsuran anda sebesar empat juta rupiah /bulan, pasti berlainan secara nilai dengan angsuran empat juta rupiah di tahun 2025 nantinya. Hingga bila angsuran anda sekarang ini tidak melewati dari 30% dari keseluruhan pendapatan atau upah anda /bulannya, karena itu sesungguhnya keuangan anda baik saja tak perlu membayar KPR anda lebih cepat.

Bila tidak lagi ada beban /bulan yang perlu dibayar pasti benar-benar melegakan. Tetapi yang penting anda pikir ialah bagaimana hal itu makin lebih memberikan keuntungan untuk anda. Bila anda pikir bayar bisa lebih cepat makin lebih melegakan, karena itu anda harus siap dengan ongkos finalti yang dikenai. Tetapi bila selanjutnya anda memilih untuk kembali menyicil sampai tenggat saat yang diberi tidak jadi masalah, sejauh keuangan anda masih tetap konstan dan anda bisa mencicil utang secara on time.



Post a Comment for "Cara Melunasi KPR Rumah Di Bank BTN "